DAKWAH KOMUNITAS LPKA BLITAR DENGAN CINTA ANAK

Wujud nyata pembinaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Blitar, dengan hadirnya  20 ibu-ibu Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Blitar, sebagai rasa cinta dan kasih sayang ibu-ibu  Aisyiyah kepada Adikpas. Dikemas dalam acara Islamic New Year 1446 H (Peringatan Tahun Baru Islam) dan menyongsong Hari Anak Nasional yang diperkasai oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota  Blitar dengan semangat Gerakan Aisyiyah Cinta Anak (GACA) dengan tema "MEMPERKUAT IMTAQ DENGAN HIDUP SEHAT YANG BERKUALITAS". Acara ini dilaksanakan hari Rabu, 04 Muharam 1446 H atau bertepatan dengan 10 Juli 2024 M, bertempat di Aula LPKA Kelas 1 Blitar. Acara dimulai pukul 09.00 -11.00 WIB dihadiri oleh Bapak Kepala LPKA Kelas 1 Blitar Bapak Giyono A.Md. IP. SH. MH., Ibu dr. Hj. Wasingah M.Kes., Anggota PDA Kota Blitar, drh. Sri Widodo Ketua Lembaga Dakwah Komunitas Pimpinan Daerah Muhammadiyah (LDK PDM) Kota Blitar, dr. Diva Ayu Nurjanah dari RSU Aminah, Anak Didik Lapas (Adikpas) serta beberapa karyawan LPKA kelas 1 Blitar.

Acara dibuka dengan membaca Basmalah dipandu oleh ibu Sovyhana kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an oleh salah satu Adikpas. Sambutan pertama oleh Ibu dr. Hj. Wasingah M.Kes yang menjabat sebagai Ketua PDA Kota Blitar  menyampaikan terima kasih kepada Kepala LPKA yang telah mengijinkan dan mendukung acara Islamic New Year sebagai wujud nyata memberikan pembinaan kepada  Adikpas dan berpesan kepada Adikpas harus mau berhijrah untuk menuju yang lebih baik dengan memperkuat Imtaq dengan Hidup sehat yang berkualitas. 

Sambutan dilanjutkan oleh Kepala LPKA Blitar yaitu Bapak Giyono A.Md.lP.SH.MH menyampaikan terima kasih kepada Ibu-ibu Aisyiyah Kota Blitar yang telah lama berpartisipasi ikut membina adikpas, dan juga terima kasih kepada LDK PDM Kota Blitar juga ikut memberikan motivasi kepada Adikpas. Besar harapan kerjasama dengan PDA dan PDM Kota Blitar ini dapat mewujudkan Pondok Pesantren di dalam LPKA Blitar. Harapannya setelah Adikpas keluar dari LPKA sudah bisa membaca Al-Qur'an, melaksanakan ibadah,  berbakti kepada orang tua dan sukses.

Acara pembinaan Adikpas dipandu Ibu Anna sebagai moderator dengan menghadiri 2 pemateri yaitu dr. Diva Ayu Nurjanah dari RSU Aminah dan drh. Sri Widodo Ketua LDK PDM Kota Blitar.  Pemateri pertama yaitu dr. Diva Ayu Nurjanah  menyampaikan materi tentang Kesehatan reproduksi yang secara singkat menyampaikan anatomi reproduksi, tanda-tanda fisik dan psikis remaja, cara menjaga alat reproduksi tetap sehat, kerugian berhubungan nikah. 


Pemateri kedua drh. Sri Widodo menyampaikan motivasi islami. Ketua LDK PDM Kota Blitar menyampaikan bahwa sebesar apapun dosanya manusia  Allah bisa mengampuni dengan memberikan contoh kisah dosa seorang pemuda pencuri kafan yang menyetubuhi jenazah wanita cantik, karena taubat dan menyesali perbuatannya sampai meninggal dunia, Allah mengampuninya. Untuk menjadi sukses dunia akhirat harus hijrah berusaha memperbaiki hubungan kepada Allah SWT, yaitu :

  1. Melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya 
  2. Berbakti kepada kedua orang karena ridho Allah tergantung pada ridho orang tua dan murka Allah tergantung murka orang tua 
  3. Takut dosa dan ingat Allah boten sare artinya setiap perbuatan kita selalu diawasi oleh Allah dan jadi orang bermanfaat untuk orang lain. 

Acara Pembinaan berjalan lancar, mencerahkan dan menggembirakan karena banyak sekali doorprize yang diberikan oleh ibu-ibu Aisyiyah Kota Blitar. Dakwah  Komunitas yang mencerahkan dan menggembirakan.

0 Komentar