SISWA SD MUHTAR NOBAR SETELAH MUNAQOSYAH


Blitar, 01 Juni 2024 Islamic School SD Muhammadiyah Blitar atau lebih dikenal SD Muhtar mengadakan serangkaian acara untuk kelas 6 yang dikemas dalam acara Munaqosah dan Mabit. Acara ini mengambil tempat di Masjid At Taqwa Muhammadiyah Kota Blitar dan Gedung Dakwah PDM Kota Blitar. 

Serangkaian kegiatan yang padat ini diwajibkan untuk siswa-siswi kelas 6. Munaqosyah atau ujian tahfidz Al Qur'an juz 29, 30 dan harus bermalam, beribadah sholat jama'ah, sholat tahajud, sholat dhuha, mengikuti nobar dan motivasi, kuliah subuh dan kajian Ahad Pagi. 

Acara pembukaan dimulai pukul 09.00 - 10.15 WIB kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan munaqosyah juz 29 dan 30  sampai pukul 14.30 WIB. Acara dilanjutkan  dengan sholat Asyar, istirahat, bersih-bersih, makan malam dan setelah sholat Isya' berjama'ah dilanjutkan dengan acara nobar (nonton bareng) dan motivasi islami oleh drh Sri Widodo Ketua Lembaga Dakwah Komunitas Pimpinan Daerah Muhammadiyah (LDK PDM) Kota Blitar. 



Nobar dan motivasi islami sendiri merupakan program LDK PDM Kota Blitar yang menyajikan cuplikan video motivasi, gambar, poster yang dikemas menarik sehingga peserta bisa menikmati dan mengambil pesan dalam video dan jadi termotivasi.
     
Dalam nobar dan motivasi ini ditampilkan pula tantangan generasi saat ini, seperti :
  1. Handphone (HP) : efek yang salah dari penggunaan Hp, bahaya berita Hoax, game on line dan lain-lainnya 
  2. Narkoba dan rokok : bahaya dan dampak narkoba, rokok, jenis dan bentuk narkoba
  3. Pergaulan bebas : hamil sebelum menikah, LGBT. 
  4. Dan kenakalan lainnya
Hal tersebut bisa ditanggulangi dengan 
  • Sholat 
  • Berbakti kepada orang tua 
  • Berakhlaqul Kharimah 
  • Berprestasi supaya sukses dunia akhirat. 

Semua disajikan dengan video dengan sentuhan kata - kata motivasi diselingi dengan slide gambar dan poster. Diharapkan nobar dan motivasi ini bisa di gelar di lembaga pendidikan seperti di perguruan Muhammadiyah, sekolah negeri dan lainya, sehingga generasi muda bisa membentengi diri dari pengaruh buruk Hp, narkoba, rokok dan pergaulan bebas, bisa menjaga kesucian sampai menikah.

Penulis:
drh. Sri Widodo
Ketua LDK PDM Kota Blitar


Editor :
Suheri

0 Komentar